Sunday, June 30, 2013

Tips lindungi Android dari serangan malware

Tips lindungi handset Android dari serangan malware

Jika Anda pengguna perangkat Android, maka Anda sebaiknya mulai waspada dengan ancaman malware yang mengancam perangkat Anda sewaktu-waktu.

Hal ini didasari laporan terakhir dari Mobile Threat Center arm (MTC) yang menyebutkan jika malware untuk perangkat Android telah meningkat sebesar 92 persen dari data terakhir tahun 2010.

Namun, serangan Malware ini juga sebenarnya bukan tidak mungkin untuk dihindari. Berikut cara agar perangkat Anda terbebas dari serangan Malware.

1. Gunakan Antivirus

Cara pertama untuk melindungi perangkat Android Anda dari serangan Malware adalah dengan menginstal aplikasi antivirus di perangkat Anda. Saat ini sendiri sudah banyak aplikasi untuk antivirus dari pengembang terpercaya di Google Play Store.

Untuk mendapatkan pelindungan penuh, sebaiknya Anda meluangkan sedikit uang untuk membeli aplikasi versi premium. Toh nantinya perangkat Anda akan jauh lebih aman dan terlindungi.

2. Hindari appstore buatan pihak ketiga

Berdasarkan laporan dari Mobile Threat Center arm (MTC), diketahui jika lebih dari 500 appstore Android buatan pihak ketiga tercatat mengandung virus malware.

Jadi jika Anda ingin mengunduh aplikasi untuk perangkat Android Anda, maka langsung saja mencari dan mengunduh aplikasi tersebut dari Google Play Store.

3. Update sistem operasi Android terbaru

Salah satu langkah yang paling efektif untuk menghindari serangan malware di perangkat Android Anda adalah dengan terus melakukan update OS Android terbaru di perangkat Anda.

Dilansir PhoneArena (28/6), 77 persen ancaman serangan malware terhadap perangkat Android dapat dihilangkan dengan menggunakan melakukan upgrade perangkat Anda dengan menggunakan OS terbaru keluaran Google.

Jika ingin menghindari serangan malware ke smartphone, tablet, atau perangkat Android Anda yang lain, setidaknya tiga tips di atas dapat membantu Anda.

No comments:

Post a Comment