Saturday, March 23, 2013

Anda Tersiksa Karena Batuk, Ini Solusinya

Saat batuk, tubuh sebenarnya sedang berusaha menyingkirkan gangguan dari dalam paru-paru. Namun jika batuk tak kunjung reda, sebal juga rasanya. Mengalami hal serupa? Simak tips untuk meredakan batuk seperti yang dilansir dari Third Age berikut ini.

Madu
Sebuah penelitian membuktikan bahwa menikmati sesendok madu mampu meredakan batuk di malam hari. Bukan hanya itu, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak setelah minum madu. Ternyata hal itu dikarenakan madu mengandung bahan efektif seperti sirop obat batuk namun lebih menyehatkan dan bernutrisi.

Air putih
Ketika batuk, lendir di tenggorokan sebenarnya menyumbat bagian pernapasan sehingga membuat penderita tidak nyaman. Jadi sebaiknya konsumsi air putih sebanyak-banyaknya untuk mencairkan lendir dan menjaga kelembapan membran tenggorokan.

Permen obat batuk
Beberapa obat batuk yang beredar kini bisa ditemukan dalam bentuk seperti permen. Coba pilih permen obat batuk rasa menthol untuk menumpulkan indra belakang tenggorokan dan meredakan batuk yang mengganggu.

Uap
Mandi dengan air hangat juga mampu membantu Anda meredakan batuk. Selain itu, jika Anda menderita demam, alergi, dan asma, semua masalah tersebut pun mampu di atasi. Sebab air hangat yang menimbulkan uap mampu melembapkan kondisi tenggorokan yang kering akibat batuk.

Parfum
Hindari pemakaian parfum, deodoran, sabun, dan wewangian jenis apapun ketika batuk. Sebab beberapa orang bisa terserang iritasi sinus kronis jika menggunakan produk tersebut ketika batuk.

Rokok
Selain wewangian, sebaiknya Anda juga menghentikan kebiasaan merokok ketika batuk. Pasalnya hampir semua perokok pada akhirnya menderita batuk yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Jadi solusi terbaiknya adalah berhenti merokok selamanya.

Makan sehat
Pola makan ketika batuk lebih baik dijaga agar kondisi Anda membaik. Hindari makanan manis, asin, produk susu, dan bertepung kemudian ganti dengan sayur dan buah-buahan untuk menguatkan sistem imun.

Akar licorice
Akar licorice adalah salah satu solusi untuk meredakan batuk. Anda bisa mencampurkannya ke dalam teh herbal atau merebusnya dengan air mendidih. Untuk opsi kedua, diamkan selama sehari sebelum diminum dengan campuran madu.

Itulah berbagai tips untuk meredakan batuk. Semoga Anda cepat sembuh!

[ B@nd ]

No comments:

Post a Comment