Sunday, March 24, 2013

Beberapa makanan terburuk bagi tubuh

Banyak orang berpikir bahwa pola makan sehat adalah bentuk dari porsi asupan kalori setiap hari. Tetapi sebenarnya makan sehat bukan hanya tentang porsi, tetapi juga kualitas dari makanan yang dikonsumsi dan bagaimana caranya diproduksi.


8 Makanan terburuk bagi tubuh

Berikut ini, Care2 pun membagikan jenis makanan terburuk yang bisa Anda makan setiap hari. Simak selengkapnya.

1. Popcorn microwave
Pekerja di pabrik popcorn microwave banyak yang menjadi korban dari penyakit kanker paru-paru berbahaya akibat terlalu sering menghirup asap di tempat kerja.

Hal itu dikarenakan bungkus popcorn yang memang mengandung senyawa kimia berbahaya dan dikaitkan dengan risiko kanker maupun kemandulan. Selain itu, popcorn microwave juga sarat dengan lemak jenuh dan natrium.

Jadi lebih baik konsumsi popcorn buatan sendiri agar Anda mendapatkan khasiat kesehatan dari makanan ini.

2. Apel
Tahun lalu, apel dinobatkan menjadi buah yang paling banyak mengandung pestisida. Sebab apel memang paling rentan akan serangan hama, makanya buah tersebut membutuhkan pestisida yang lebih banyak.

Jika Anda termasuk pecinta buah apel, sebaiknya beli yang organik. Sebab apel yang sebenarnya buah menyehatkan akan berubah menjadi makanan terburuk bagi tubuh akibat kandungan pestisida di dalamnya.

3. Soda
Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahaya dari konsumsi soda berlebihan. Seperti meningkatnya risiko penyakit kardiovaskular, kanker, depresi, dan obesitas.

Meskipun soda diberi embel-embel kata 'diet', minuman tersebut masih tetap tidak bisa disebut aman. Sebab soda diet justru mengandung pemanis buatan yang juga buruk bagi tubuh.

4. Keripik
Banyak sekali produk keripik yang mengandung garam dan lemak dalam jumlah tinggi. Bahkan sekantung keripik memiliki kandungan garam dan lemak yang lebih banyak daripada saran asupan harian.

Selain nutrisi buruknya, keripik juga acrylamide - senyawa kimia yang mampu meningkatkan penyakit kanker dan masalah ketidaksuburan. Jadi pantas jika keripik juga termasuk salah satu makanan terburuk bagi tubuh.

5. Makanan kalengan
Terlepas dari rasanya yang memang tidak selezat makanan segar, makanan dalam kaleng memiliki bahaya tersembunyi. Adalah bisphenol-A (BPA), senyawa yang melapisi kaleng yang digunakan untuk membungkus makanan. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan BPA berkaitan dengan penyakit jantung, obesitas, diabetes, gangguan tiroid, hingga kanker.

Daripada mengonsumsi makanan yang berasal dari dalam kaleng, lebih baik mencari yang baru dan segar. Sebab rasanya lebih lezat sekaligus menyehatkan.

6. Seledri
Seledri sebenarnya menyehatkan. Namun sayuran ini ternyata sangat kotor. Sebab sama seperti apel, banyak pestisida yang digunakan agar terhindar dari serangan hama.

Jadi sebaiknya pilih seledri organik. Sebab produk organik tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lain untuk menumbuhkan berbagai sayur dan buah-buahan.

7. Susu
Banyak peternak yang memberikan hormon buatan pada sapinya agar mampu menghasilkan susu yang lebih banyak. Padahal efek dari hormon buatan tersebut mampu memicu kanker pada manusia.

Maka dari itu, bukan hanya apel dan seledri saja yang sebaiknya dibeli dalam bentuk organik, susu pun begitu. Pastikan Anda melihat sertifikat organik pada produk susu. Sebab artinya susu dihasilkan dari sapi yang dikembangbiakkan tanpa hormon buatan berbahaya.

8. Margarin
Makanan terburuk terakhir bagi tubuh adalah margarin. Meskipun banyak orang mengira margarin adalah bentuk yang lebih sehat dari mentega, sebenarnya makanan ini juga mengandung lemak jenuh.

Seperti yang diketahui, konsumsi lemak jenuh berlebihan mampu memicu penyakit jantung. Jadi sebaiknya gunakan bahan yang lebih alami untuk memasak, contohnya minyak zaitun.

[ B@nd ]

No comments:

Post a Comment