Monday, March 25, 2013

Jauhkan bayi dari debu bisa kurangi risiko asma

Beberapa penelitian sebelumnya menjelaskan bahwa membiasakan anak pada paparan debu, atau benda penyebab alergi lain bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Namun sebuah penelitian terbaru justru mengungkap bahwa melindungi bayi dari debu atau penyebab alergi lainnya justru bisa melindungi anak agar tak terkena asma.

Profesor Hasan Arshad, seorang konsultan alergi di Southampton general Hospital melakukan penelitian selama 23 tahun pada 120 pasien yang memiliki sejarah keluarga dengan alergi.

Anak-anak ini direkrut sebagai partisipan ketika lahir 23 tahun yang lalu untuk mengetahui apakah ibu yang menyusui dan menghindari produk susu, telur, kedelai, ikan, dan kacang, serta menghindarkan anak dari debu dalam rumah akan berpengaruh pada risiko kesehatan anak mereka.

Peneliti kemudian melakukan tes lanjutan ketika anak berusia dua, tiga, empat, delapan, dan 18 tahun. Mereka menemukan bahwa hanya 11 persen anak yang dijauhkan dari debu dan alergen lainnya terkena asma ketika berusia 18 tahun. Sementara itu, lebih dari 27 persen anak yang tidak dijauhkan dari debu dan alergen terkena asma pada usia tersebut.

"Dengan melindungi anak dari debu, dan hal-hal penyebab alergi baik berupa makanan atau lingkungan sekitar mereka selama satu tahun pertama bisa melindungi mereka dari asma ketika dewasa," ungkap Arshad, seperti dilansir oleh Daily Mail (21/03).

Beberapa penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa membiarkan anak terkena bakteri dan kuman pada masa awal kehidupan akan membantu sistem kekebalan tubuh mereka untuk mengatasi hal tersebut. Namun hal ini bisa salah jika dikaitkan dengan bakteri.

[ B@nd ]

No comments:

Post a Comment