Tuesday, February 5, 2013

Ada malware baru untuk Android yang juga dapat infeksi PC

Ada malware baru untuk Android yang juga dapat infeksi PC


Sebuah malware baru diciptakan untuk menginfeksi PC melalui integrasinya dengan perangkat berbasis Android.

Malware yang diketahui bernama DroidCleaner ini akan secara otomatis masuk ke dalam sebuah PC setelah perangkat tersebut terkoneksi dengan perangkat Android yang sudah terinfeksi. 


Geeky-Gadget (04/02) melansir bahwa selain akan langsung menyerang sistem di dalam PC, DroidCleaner juga dapat merekam semua aktivitas komunikasi baik itu sms, telepon, mengirimkan sms secara tiba-tiba, mengaktifkan Wi-Fi bahkan menghapus semua data sms di dalam perangkat. Kabarnya, DroidCleaner juga sudah 'tersedia' di Google Play.
Menurut lansiran The Hacker News (04/02), malware ini ternyata memiliki nama lain yaitu Super Clean. Dalam tampilannya di Google Play, 2 malware dengan nama berbeda namun sama tersebut sangat menyerupai sebuah aplikasi yang dapat membantu pengguna perangkat Android untuk sedikit melepaskan beban memori dalam handsetnya.
Seperti penjelasan Kaspersky Labs, malware ini hanya mempunyai 3 file saja di dalamnya yaitu autorun.inf, folder.ico dan svchosts.exe. Setelah berhasil menginfeksi perangkat berbasis Android dan terintegrasi dengan PC, maka secara langsung malware ini akan mengendalikan sistem Auto-Run.
Tentunya menjadi suatu yang cukup riskan untuk mengunduh sesuatu melalui Google Play. walaupun pihak Google sendiri telah melipatgandakan penjagaan di 'toko online' mereka tersebut, namun tetap saja pembuat virus dapat menyisipkan malware mereka ke Google Play.

No comments:

Post a Comment