Wednesday, February 20, 2013

Tips Agar Tidak Mudah Terkena Pilek Saat Musim Hujan


                                                           
Pilek membuat kita sering bersin-bersin dan hidung meler. Apalagi saat musim penghujan seperti sekarang ini, pilek sangat mudah menyerang. Namun demikian, Anda tentu tidak boleh menyerah begitu saja karena ada banyak cara untuk mencegah pilek.

Untuk mencegah pilek, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Asupan zink
Pileh mudah menyerang saat daya tahan tubuh melemah. Oleh karenanya, asupan zink atau seng sangat penting. Zink atau seng adalah mineral penting yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen zink pada hari pertama merasakan gejala pilek terbukti bisa mengurangi tingkat keparahan gejala, bahkan jadi lebih cepat sembuh.

2. Minum probiotik
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa minuman probiotik bisa mengurangi lamanya serangan pilek dari rata-rata 6 hari menjadi 4 hari saja. Tingkat keparahan gejala juga berkurang sampai 30 persen.

3. Perbanyak minum
Cairan tubuh yang selalu terjaga akan membuat hidung dan saluran napas tetap lembab. Partikel-partikel kuman akan kesulitan untuk masuk, sehingga infeksi lebih mudah dicegah.

4. Tenangkan pikiran
Untuk Anda yang suka meditasi, teknik olah pikiran ini akan sangat membantu meredakan stres yang berarti juga bisa menangkal pilek. Pikiran yang tenang dan lebih rileks terbukti mengurangi tingkat keparahan dan lamanya serangan pilek sebanyak 35-60 persen.

5. Sering berkumur
Bukti ilmiah menunjukkan bahwa kumur dengan air bersih beberapa kali dalam sehari bisa membantu menyingkirkan kuman-kuman yang mungkin bersembunyi di mulut.

6. Vitamin D
Bukan karena kebetulan kalau pilek paling banyak menyerang saat matahari lebih banyak bersembunyi di balik mendung. Tubuh membutuhkan sinar matahari untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D. Tanpa vitamin D, daya tahan tubuh akan melemah.

7. Istirahatkan tubuh
Olahraga memang penting untuk menjaga badan tetap bugar. Namun sekali kena pilek, sangat disarankan untuk berhenti dulu sampai gejalanya mereda. Perbanyak waktu istirahat agar tubuh punya cukup energi untuk memerangi infeksi.

8. Jam tidur
Penelitian di jurnal Archives of Internal Medicine membuktikan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam/hari tiga kali lebih rentan pilek dibanding yang tidurnya 8 jam/hari. Tidur bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga pilek juga bisa mengindikasikan bahwa seseorang sedang kurang tidur.

9. Bawang putih
Meski bau dan rasa bawang putih tidak enak, namun bawang putih merupakan antimikroba alami yang sangat bisa diandalkan. Dengan memperbanyak konsumsi bawang putih akan membantu sistem imun tubuh untuk menangkal penyakit maupun menyembuhkan bagi yang sudah terlanjur kena pilek.

No comments:

Post a Comment